Venus VT-10 – Solusi Komunikasi untuk Notebook

Teknologi CDMA merupakan salah satu teknologi yang cukup populer akhir-akhir ini. Hal ini bisa dimaklumi mengingat CDMA di Indonesia menawarkan solusi komunikasi yang relatif terjangkau. Selain itu, kecepatan yang ditawarkan untuk koneksi Internet juga cenderung tinggi dibandingkan dengan teknologi GSM. Hal ini mendorong munculnya perangkat komunikasi yang memanfaatkan keunggulan teknologi CDMA, salah satunya adalah Venus VT-10 yang merupakan modem CDMA dengan interface USB.

Image
Venus VT-10: Modem CDMA USB
Venus VT-10 memiliki bentuk yang mirip dengan USB flash disk. Hanya saja, ia memiliki slot untuk RUIM card. Anda juga akan menemukan sebuah LED yang akan menyala merah atau hijau, sesuai dengan status komunikasi.

Unit yang diterima CHIP tampaknya masih merupakan unit demo. CHIP hanya menemukan sebuah CD copy-an, handsfree, dan sebuah kabel USB. Paket penjualan resminya seharusnya memberikan bundel yang lebih lengkap dan lebih menarik.

Proses instalasi relatif mudah
Walaupun tidak menyertakan manual apapun, proses instalasi alat ini sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu meng-install driver yang disediakan pada CD driver-nya. Selanjutnya, pasang VT-10 di port USB ketika diminta. Seharusnya, proses instalasi sudah selesai dan modem ini pun siap untuk digunakan.

Venus menyediakan software yang memiliki interface cukup baik. Semua menunya sudah menggunakan bahasa Inggris (walaupun ada beberapa penggunaan bahasa Inggris yang kurang tepat). Gambar background software tersebut juga masih menggunakan huruf kanji, namun karena tidak berhubungan dengan menu, maka hal ini relatif tidak masalah.

Software yang disediakan relatif sederhana. Secara umum, ia dibagi menjadi tiga bagian yaitu fungsi telepon, SMS, dan phone book. Anda juga bisa melihat informasi status koneksi Internet dan konfigurasinya pada salah satu menu dari software ini.

Saat ada panggilan masuk, maka notebook Anda akan berbunyi. Menu pop-up juga akan muncul menginformasukan nomor telepon pemanggil. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan apakah ingin menjawab panggilan atau tidak. Panggilan bisa dijawab dengan menggunakan handsfree yang disediakan. Untuk koneksi Internet, Anda harus memasukkan username, password, nomor tujuan, dan APN pada menu konfigurasi.

Image

Kesimpulan : Venus VT-10 menawarkan fleksibilitas untuk Anda yang membutuhkan akses data berkecepatan tinggi dengan jaringan CDMA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: